Sedikit lagi.

Seperti ini perjuangan mahasiswa yang meyakini dirinya tidak begitu pintar.

Sudah hampir setahun dari saya dari hari saya kembali ke Pulau Jawa selepas melaksanakan Kerja Praktik di Pulau Sumatera, Tepatnya di Kab. Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Pulang dari Kerja Praktik, saya tidak langsung mengerjakan laporannya. Alasannya karena data-data yang diberikan oleh Perusahaan tempat saya melaksanakan Kerja Praktik belum memenuhi kelengkapan data yang diperlukan.

Menunggu data yang baik dan benar sampai 1 semester.

Setelah itu, saya mulai masabodoh dengan apa yang akan saya kerjakan. Karena data-data yang diminta tidak datang, maka saya mengerjakan seadanya, cari-cari sendiri dan sedikit curang. Saya mengingat-ingat lagi apa yang saya kerjakan selama Kerja Praktik (Jatik, Jatek). Mungkin kesalahan saya juga karena waktu melaksanakan Jatek saya tidak berani untuk banyak bertanya dan bergaul dengan karyawan di sana. Jadinya saya tidak mendapatkan hal-hal yang diinginkan, melainkan fokus pada materi yang diberikan, yang jauh dari topik haha.

Demikian  selama 4 bulan berikutnya saya mulai nyicil. Yah, tapi saya mengerjakannya seminggu sekali, dengan kata lain, lebih banyak sibuk dengan kuliah, pacar, main haha.

Setibanya di bulan ke 3,5 saya merasa tersadar bahwa ini harus segera diselesaikan, segera. Pertanyaan kapan mau lulus mulai berkeliaran di pikiran saya. Saya mulai mengerjakan dengan sungguh-sungguh. Sungguh-sungguh menjengkelkan. Stres saya. Bahkan sampai tulisan ini diketik, saya masih terbayang susahnya.

Tapi… Teman-teman boleh tau kalau saya diizinkan Tuhan bisa sampai ke tahap revisi 2. Senang banget bisa mengumpulkan draft. Ada kebanggaan ketika bisa ketemu dengan Dosen Pembimbing membawa draft laporan. Ada banyak orang yang dengan tekanannya memaksa saya untuk naik ke tingkat ini, termasuk Ibu dan yang tersayang. Hehe.

Senang sekali, Besar harapan saya bahwa laporan saya benar-benar bisa terselesaikan walau masih ada kurangnya. Yakin tak ada yang sia-sia… Trimakasih ya 🙂

Leave a Reply

