Ganti Keyboard

Kepada masyarakat dunia maya,

Hari ini saya baru saja mengganti keyboard laptop saya, Hahaha

Kenapa diganti?

Bulan April kemarin saya terkena musibah. Kamar kos saya bocor dan air rembes dari plafon tepat diatas laptop saya yang masih terbuka. Alhasil beberapa tuts keyboard rusak, ngga berfungsi lagi. Sebenarya hanya tiga tuts saja yang rusak,  yaitu Esc, F3, dan F4. Namun 3 tuts tersebut mempunyai fungssi yang penting untuk laptop saya, F3 juga berfungsi sebagai volume up, F4 berfungsi sebagai tombol close.

Hanya tiga tombol saja, kok semua/satu set diganti? Beli aja keyboard eksternal?

Sebenarnya saya tidak tahu juga mengapa harus semua diganti. Tapi mungkin dari pengalaman saya ini saya selama mengetik bisa menyimpulkan:

  1. Seperti yang sudah dijelaskan, tombol yang rusak itu ternyata penting.
  2. Saya agak ngga suka dengan keyboard eksternal. Memang harganya lebih murah. Tapi entah mengapa, I’m… just dont like that. Saya suka ngetik dengan keyboard bawaan laptop saya.
  3. “Servis aja, atau ganti satuan.” Kalau diserviskan kata beberapa orang sewaktu-waktu dapat kembali ke kondisi rusak lagi. Saya juga belum pernah lihat orang ganti tuts satuan aja, wkwk. Artinya, dalam masalah ini, kalau mau ganti, ganti satu set.

Dibawa ke mana Mas Tro, laptopnya?

Saya awalnya mau bawa laptop ini ke service centernya Lenovo. Tapi setelah lihat postingan blog dari Mas Budiyanto ini kok malah jadi ragu. Biayanya mahal,  walau keaslian sparepart tidak diragukan. Saya kemudian mencari-cari harga sparepart di beberapa toko online di bukalapak.com , ternyata cukup murah. Dan beruntungnya lagi, setelah dikepoin ternyata yang jual itu beralamat di Yogyakarta. Setelah saya ajak ngobrol si empunya toko via fitur chatting/pm di bukalapak, saya akhirnya memutuskan untuk mendatangi toko tersebut pagi ini.

Nama tokonya adalah *jeng-jeng Jogja Service Laptop. Terdengar biasa saja ya. Memang iya. Alamatnya di Jalan Wiratama no. 13 Tegalmulyo (Wirobrajan) Yogyakarta. Tempat servisnya ini hanya  berupa rumah kecil sederhana. Ketika saya masuk saya disambut oleh mbak-mbak berkerudung, lengkap dengan mas-mas. Yang terlihat hanya tiga buah kursi plastik (yang tanpa senderan itu lho), etalase, meja komputer, dan mereka berdua. Saya agak ragu sih, tapi sepertinya masnya sama mbaknya itu suami istri deh. Wkwkwk, dan toko ini adalah usaha rintisan mereka. Oiya dari kartu nama ketahuan kalau nama masnya adalah Mas Iswan

wp_20161006_001

Suasana di dalam ruangan, So Simple

Saya dilayani dengan sigap, ketika Mas Iswan tahu bahwa saya yang kemarin ngechat di bukalapak, langsung bilang sama mbaknya, “Dek, tolong ambilkan hatiku yang sudah kau buang” eh guyon, “Dek, tolong ambilkan keyboard s210”. Langsung diambilkan oleh mbaknya di ruang belakang. Ketika datang masnya sambil bilang, “Mas, kalau dipasangin disini kena biaya tambahan 50 ribu”. Dalam hati saya bersedih, sudah berharap biaya pasangnya gratis wkwkwk, Tapi kemudian saya mikir, ngga apa lah, toh saya juga ngga bisa bongkar laptop, dan wajar untuk harga jasa. Ya sudah, saya serahkan saja sama Mas Iswan. Kemudian Mas Iswan membawa laptop saya ke belakang, dan…. Ternyata Mas Iswan juga teknisinya.

Sebenarnya bongkar laptop ini mudah, berdasarkan video dari Youtube ini, hehe. Tapi saya takut kalau saya sendiri yang bongkar malah ngga bisa dipasang lagi, ini laptop saya satu-satunya, je.

Penggantian keyboard dilakukan dengan cepat. Selagi laptop di’operasi’ saya mencoba bercakap dengan mbaknya, bukan percakapan aneh-aneh, cuma tanya, “Udah berapa tahun mbak buka ini”, “2 tahun mas” “2013 – 2014 berarti ya” “iya…”.Singkat kan? Hehe. Ditengah pekerjaanya, Mas Iswan keluar dan menunjukkan ada masalah dengan fan yang kotor dan pasta fan yang sudah kering. Beliau tanya apa mau diganti/dibersihkan juga. Berhubung uang tipis ya saya tangguhkan dulu saran belau. Kemudian beliau masuk ruang belakang lagi.

Tak lama kemudian,  hanya sekitar 10 menit berselang dari saya menyerahkan, laptop saya sudah keluar dengan keyboard baru *Yay. Saya dipersilakan untuk mencoba dan everything is great. Semua lancar dan berjalan normal kembali. Dengan garansi 1 bulan yang diberikan, cukup lah ya untuk berjaga-jaga.

Kemudian saya pulang, dan ini hasilnya

wp_20161006_002

Yang baru terpasang, yang lama berlalu

Dengan ini saya menyimpulkan, bahwa Jogja Service Laptop merupakan tempat service yang baik, ramah, walau tempatnya sederhana. Saya mendoakan yang baik untuk tempat ini agar berkembang terus. Walaupun baru beberapa hal saja yang dapat diservicekan dan ada sparepartnya, seperti keyboard, LCD, charger, dll, tetapi sparepart tersebut murah dan berkualitas**. Terimakasih Jogja Service Laptop, terimakasih website yang membantu saya mempertemukan saya dan Mas Iswan, bukalapak.com wkwkwk 😀

 

**Ada perbedaan antara keyboard baru dengan yang lama. Layout keyboard baru adalah UK sedangkan yang lama adalah Asia, namun kualitasnya tetap baik.

Leave a Reply

